Pengumuman

Dialog Kebangsaan DPRD Provinsi di Lemhannas RI

 
Picture of Ronald (Telematika)
Dialog Kebangsaan DPRD Provinsi di Lemhannas RI
by Ronald (Telematika) - Friday, 13 February 2015, 2:59 PM
 

Senin (24/11) Lemhannas RI bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) menggelar acara dialog Dialog Kebangsaankebangsaan mengenai ”Pentingnya Pendidikan Partai Politik di Lemhannas RI” dalam program Indonesia Pagi yang disiarkan secara langsung oleh RRIi. Dialog yang melibatkan peserta pembekalan dan pemantapan  wawasan kebangsaan dari Provinsi DKI Jakarta, Lampung dan Jawa Timur tersebut, mengambil tempat di Studio Mini  Ruang Syailendra, Gedung Asta Gatra, Lemhannas RI dengan dipandu oleh moderator Maulana Isnarto.

 

Gubernur Lemhannas RI mengatakan bahwa sebenarnya para anggota DPRD Provinsi sudah memiliki wawasan kebangsaan, namun untuk dapat meningkatkan pemahaman yang lebih komprehensif, maka hal itu dapat dipenuhi melalui program pembekalan dan pemantapan wawasan kebangsaan di Lemhannas. Meski demikian, lembaga ini tidak menutup kemungkinan untuk dapat memberikan pendidikan di luar wawasan kebangsaan, misalnya pendidikan tentang partai politik (parpol).

 

Menurut Murdadi dari DPRD Lampung, sebagai salah satu tempat pelatihan yang paling dipercaya oleh kalangan partai politik, Lemhannas RI juga diharapkan dapat menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) untuk parpol, tokoh masyarakat, pelajar, dan kalangan yang lebih luas. Senada dengan Murdadi, Syarifudin dari DPRD DKI Jakarta juga mengungkapkan bahwa kegiatan pemantapan harus dimulai dari kader terlebih dahulu karena kader-kaderlah yang kelak akan menjadi pimpinan. Para peserta berharap, Lemhannas RI dapat bekerja sama dengan  parpol-parpol dan juga kementerian-kementerian untuk dapat memberikan pelatihan ke dalam jangkauan yang lebih luas lagi.

 

Dalam satu kesempatan, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan menyampaikan bahwa pentingnya kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan telah disadari oleh Lemhanans RI. Oleh karenanya, sejak 2013 Lemhannas telah melaksanakan kegiatan pemantapan wawasan kebangsaan terhadap 14 Provinsi di Indonesia bekerjasama dengan Kesbangpol Linmas dan 2 TOT untuk birokrat, akademisi, kepemudaan, dan tokoh agama. Menanggapi permintaan para wakil rakyat atas pemerataan kegiatan ini, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Laksda Leonardi menanggapi bahwa terdapat kendala luas wilayah, sumber daya manusia pelaksana kegiatan, serta dukungan anggaran. Leonardi menambahkan bahwa Lemhannas telah mempunyai rencana perluasan jangkauan pemantapan wawasan kebangsaan hingga ke tingkat kabupaten.

 

Dialog kebangsaan ini juga melibatkan partisipasi masyarakat melalui telepon antara lain dari Solo, Yogyakarta, Sumatera Barat dan Gorontalo yang menyatakan tentang pentingnya peran Lemhannas dalam meningkatkan nasionalisme maupun persepsi mereka tentang kinerja DPRD.